Beranda Kolom Literasi Overthinking Kill Your Happiness!

Overthinking Kill Your Happiness!

112
0

Opini

Karya Nurshaflyah
Mahasiswi Pendidikan Agama Islam / Sem. II

Kesehatan mental merupakan kondisi individu yang berkembang secara fisik, mental, maupun spiritual. Hal ini juga mempunyai pengaruh terhadap psikis dan produktivitas seseorang.

Sering merasa khawatir akan banyak hal, mudah tersinggung dan marah di sosial media maupun dunia nyata juga saat dihadapkan oleh masalah sepele yang membuat kita berpikir yang tidak-tidak.

Masalah yang muncul biasanya dari faktor lingkungan pertemanan, sekolah, bahkan relationship. Pikiran yang berlebihan bisa membuat kita menjadi stress, menutup diri dari orang sekitar, mudah menyalahkan diri sendiri, dan lainnya.

Banyak orang yang masih memikirkan mengapa dia sudah bisa tampil pede didepan umum? Sedangkan saya masih malu dan takut. Waduh dia sudah selesai laporannya, sedangkan saya judul saja belum di acc. Bagaimana kalau saya keluarkan pendapatku dan banyak yang tidak setuju?. Bagaimana kalau kedepannya dari jurusan yang saya pilih hanya menjadikan saya pengangguran?. Kenapa dia lolos ditahap ini? pasti pake orang dalam. Pertanyaan dan pernyataan seperti ini hanyalah kesia-siaan. Things we can control begitu yang diajarkan Stoisisme.

Lalu, bagaimana supaya bisa bahagia dan terhindar dari rasa campur yang memporakporandakan batin?. “Some things are up to us, some things are not up to us” ada hal-hal yang dibawa kendali (tergantung pada kita) ada hal-hal yang tidak dibawah kendali ( tidak tergantung pada kita) -Epictetus.

Hal-hal apa saja yang termasuk dari keduanya menurut Stoitisme?
Tidak dibawah kendali kita :

  1. Pendapat dan tindakan orang lain
  2. Karir
  3. Kesehatan
  4. Peristiwa alam seperti cuaca, gempa bumi, dan lainnya.

Dibawah kendali kita :

  1. Pertimbangan, opini, dan persepsi kita
  2. Keinginan kita
  3. Tujuan kita

Banyak hal produktif yang bisa kita lakukan daripada harus mengkhawatirkan sesuatu yang sama sekali tidak dibawah kendali kita. Karena berpikir merupakan aktivitas yang membutuhkan energi. Saat kita mengkhawatirkan sesuatu tanpa menghasilkan solusi, kita sudah membuang banyak waktu yang sebenarnya bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih berguna lagi.

Selain itu, overthinking dapat mengganggu kesehatan tubuh. Para ilmuwan kesehatan menemukan fakta bahwa tubuh dan pikiran itu mempunyai dua arah yang saling memengaruhi sehingga pikiran yang baik akan menghasilkan tubuh yang baik pula.

Adapun beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk menghindari overthinking, seperti :

  1. Mengakui bahwa pikiran tersebut tidak produktif, dan kendalikan diri agar tidak terlarut dalam pikiran tersebut.
  2. Fokus untuk terus memperbaiki keadaan, jangan selalu bertanya-tanya mengapa hal yang tidak diinginkan bisa terjadi.
  3. Luangkan waktu kita untuk merefleksikan diri sekitar 20-30 menit.

“Jika Anda hidup menurut apa yang orang lain pikirkan, Anda tidak akan pernah menjadi kaya.”
-Seneca

Penulis merupakan Wartawan Lembaga Pers Mahasiswa Qalamun UIN Datokarama Palu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.