Beranda Kolom Literasi Salahkah Jika Perempuan Bergaul Akrab Dengan Teman Prianya?

Salahkah Jika Perempuan Bergaul Akrab Dengan Teman Prianya?

163
0

opini

Karya : Gina Amanda
Mahasiswi Ekonomi Syariah/Sem. II

Sering kali kita mendengar bahwa perempuan yang mempunyai teman prianya selalu disebut dengan “wanita murahan”, mengapa hal tersebut bisa terjadi?
Apakah ada yang salah dengan wanita yang berteman baik dan akrab dengan pria?

Sebenarnya, kita tidak bisa menghakimi bahwa perempuan yang berteman dengan laki-laki itu tidak baik atau bahkan memberikan mereka julukan-julukan yang tak pantas. Sebab, selama kedua pihak memberlakukan batasan, maka pertemanan atau persahabatan itu sah-sah saja dilakukan.

Batasan-batasan pun tidak cuma berlaku untuk pertemanan antara pria dan wanita, melainkan untuk pertemanan sesama jenis juga. Karena sebagian besar wanita merasa lebih nyaman memiliki banyak teman pria dibandingkan teman wanita mereka. Mungkin ada beberapa orang saja, dengan pertimbangan cara berpikir pria yang lebih logis dan tidak terlalu banyak bertele-tele menjadi pertimbangan utama seorang wanita itu sendiri .

Menurut pendapat saya , banyak penyebab mengapa wanita lebih suka mempunyai dan bergaul akrab dengan teman prianya diantaranya :

  1. Adanya kecocokan dalam berpendapat/karakter

Perempuan yang lebih nyaman berteman dengan laki-laki karena merasa lebih cocok dengan karakter dan minatnya.

Sebagai contoh, jika perempuan sangat suka bermain game online, menggemari olahraga tertentu.Misalnya, sepak bola, basket, panjat tebing, menyelam, dan lain-lain, atau alat musik yang manly seperti drum, biasanya dia akan cepat akrab dengan laki-laki. Mereka “satu frekuensi” sehingga banyak hal yang bisa dibicarakan.

  1. Pria lebih suka berterus terang

Perempuan biasanya lebih tidak enakan dan sensitif ketimbang laki-laki. Alhasil, permasalahan bisa terpendam terlalu lama dan rentan saling membicarakan di belakang.

Kalau sudah begitu, perang dingin jadi imbasnya. Hal seperti itu jarang terjadi di dalam circle pertemanan pria. Mereka lebih terus terang sehingga permasalahan cepat selesai. Mereka juga tidak terlalu sensitif sehingga jarang ada bercandaan yang sampai dimasukkan ke dalam hati.

  1. Teman pria bisa membantu teman wanitanya mendapatkan pasangan yang baik

Perempuan lebih suka berteman dengan laki-laki karena bisa memprediksi pemikiran kaum adam yang lain. Mereka tahu apa yang umumnya laki-laki cari dalam sebuah hubungan. Mereka dapat memahami, apakah laki-laki tersebut cocok untuk sahabat perempuan mereka atau tidak. Mereka bahkan akan memastikan untuk menemukan jodoh terbaik, seperti orang yang bijaksana, jujur, dan peduli.Kalau sudah menemukan sosok seperti itu, laki-laki akan meminta teman perempuannya untuk menjaga pasangannya tersebut.

  1. Punya Pengalaman Negatif Berteman dengan Perempuan

Perempuan yang punya pengalaman buruk dengan sesama perempuan, misalnya pernah di-bully, dikhianati, atau “ditusuk” dari belakang, hingga selalu bersaing, biasanya cenderung lebih lelah untuk berteman dengan sesama jenis. Alhasil, ia mencari kenyamanan di tempat lain, yaitu pihak laki-laki.

“Kebutuhan emosional si perempuan bisa lebih didapatkan dengan berteman bersama laki-laki dibandingkan perempuan. Misalnya, jika ia tidak memiliki sosok pelindung di dalam keluarga atau lingkungan terdekat, dan ternyata ia bisa mendapatkannya dari berteman dengan laki-laki,” tambah Gracia.

  1. Pengaruh Lingkungan Sekitar.

Bila sejak kecil tumbuh dengan banyak laki-laki, maka ketika remaja dan dewasa orang tersebut juga akan lebih terbiasa berteman dengan laki-laki.Bahkan, tak menutup kemungkinan dia akan kebingungan untuk memulai percakapan yang dalam dengan sesama perempuan karena hal ini.

  1. Dianggap bisa jadi pelindung di saat-saat tertentu

Alih-alih berkencan dengan seseorang yang tidak sesuai kriteria bahkan jahat, laki-laki biasanya siap untuk menjadi penolong sahabat wanitanya.

Ya, mereka bisa membantu teman perempuannya untuk keluar dari hubungan yang toxic. Seorang wanita yang memiliki teman pria, sering kali dinilai sebagai pribadi yang nakal dan liar. Sebenarnya, hal tersebut sama sekali tidak benar. Sebab, alasan utama wanita memilih pria sebagai teman, karena malas berada di lingkungan dengan dominasi wanita. Menurut wanita sendiri, lingkungan seperti itu kurang menyenangkan karena para wanita selalu memusingkan hal-hal kecil yang terbilang tidak penting.

Jadi berhentilah menghakimi wanita sebelum benar-benar mengenalinya lebih jauh.
Penelitian juga mengutarakan, wanita dengan teman lelaki yang banyak terlihat lebih menarik dan menantang untuk ditaklukan!!!.

Penulis merupakan Wartawan Lembaga Pers Mahasiswa Qalamun UIN Datokarama Palu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.