Beranda Berita FTIK & FUAD UIN Palu Akan Laksanakan PPL Mulai September Hingga Oktober

FTIK & FUAD UIN Palu Akan Laksanakan PPL Mulai September Hingga Oktober

180
0

PALU, LPMQALAMUN.id –  Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah serta Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan akan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di bulan September dan Oktober. Selasa, (31/08/2021).

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan.

PPL sendiri merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa guna menambah pengalaman sekaligus persiapan untuk terjun langsung ke dunia kerja. Dalam hal ini UIN Datokarama Palu juga akan melaksanakan PPL di tahun ajaran baru.

Syahril, selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengatakan bahwa untuk pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) FTIK dilakukan sesuai dengan kelender akademik dan terjadwal pada bulan September maupun Oktober.

“Pelaksanaannya itu pada bulan September dan Oktober yang diawali dengan pendaftaran gelombang pertama pada tanggal 1 sampai 10 September,” ujarnya.

“Setelah terdaftar akan dilakukan pembekalan, jadi untuk tanggal 1 Oktober sudah mulai turun lapangan atau sekolah,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ia juga mengungkapkan terkait pelaksanaan PPL yang akan dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19 di Kota Palu.

“Kalau seperti sekarang ini mungkin secara online tapi seandainya pandemi ini telah berlalu maka kita akan melaksanakan offline,” ungkapnya.

“Dan juga tergantung dari sekolah yang kita tempati apakah nanti bisa menerima kita untuk melaksanakan PPL berdasarkan Surat Keterangan dari Walikota Palu,” lanjut Syahril.

Menurut informasi, Adapun persyaratan untuk mahasiswa yang ingin mengikuti PPL diantaranya yakni telah menyelesaikan 110 SKS dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disiapkan oleh panitia.

“Perkiraan saya banyaknya mahasiswa yang akan mendaftar PPL 700 dan bagi mahasiswa yang tidak terakamodir, berhalangan atau belum mencapai SKS bisa ikut di semester mendatang,” tegasnya.

Begitupun dengan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Rusdim selaku Wakil Dekan 1 FUAD juga akan melaksanakan PPL terhadap mahasiswanya di 8 Jurusan yang ada.

“Kalau untuk pelaksanaan PPL itu sesuai dengan kelender akademik tapi satu minggu yang lalu kami tentukan bahwa PPL dilakukan selama 1 bulan mulai dari tanggal 3 September,” kata Rusdim saat ditemui diruangannya.

“Jadi ketua panitia PPL sudah melapor ke saya tadi, mengenai beberapa instansi yang bisa ditempati sebagai tempat PPL mahasiswa seperti Panti asuhan, Kementerian agama, Lembaga tahfiz Al-qur’an, Dinas sosial, Stasiun radio, dan TVRI sesuai dengan latar belakang dari masing-masing jurusan,” lanjut Rusdim.

Sama halnya dengan FTIK, FUAD juga menetapkan 110 SKS sebagai persyaratan untuk mahasiswa yang ingin mengikuti PPL. Mekanismenya sendiri bergantung pada kesepakatan instansi yang terkait serta akan ada pembekalan secara online yang diresmikan langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah.

“Dikordinasikan dengan instansi yang terkait, apakah pelaksanaan secara daring atau boleh langsung terjun dengan masyarakat karena saya melihat dari Fakultas lain seperti FEBI dan FAKSYA begitu,” tuturnya.

Wartawan: Fby, Puntung, Senja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.