Tentang LPM Qalamun

Suka dengan hal-hal kejurnalistikan? Atau punya minat dan bakat di dunia kewartawanan? Atau mungkin jurusan pilihanmu adalah Komunikasi Penyiaran Islam?

Salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu yang sangat cocok untukmu dengan hal-hal di atas adalah Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Qalamun. Lembaga ini merupakan wadah bagi para mahasiswa yang suka bahkan memiliki minat di bidang tulis-menulis, kewartawanan, fotografer, design grafis, hingga maker video.

UKM ini berdiri sejak tahun 1998 silam yang diinisiatori oleh Adha Nadjemuddin yang merupakan salah satu wartawan senior di media Antara News saat ini. Di masa-masa tumbangnya era orde baru tersebut, gerakan-gerakan pers terutama pers mahasiswa  sangat berpengaruh pada kebijakan yang ada, terutama birokrasi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Datokarama kala itu.

LPM Qalamun yang dulunya bernamakan Lembaga Penerbitan dan Pers Mahasiswa (LPPM) Media Dinamika dan Informasi Kampus (Medik) ini memulai pergerakkannya dengan menerbitkan tabloid bulanan bertajuk “Medik” dengan tagline khasnya “Pengemban Amanah Intelektual Mahasiswa.”

Berbagai pemberitaan mengenai kampus bahkan tulisan-tulisan kritis mahasiswa kala itu dihimpun dan dicetak setiap bulannya pada tabloid bulanan “Medik” dan disebar kepada masyarakat STAIN Datokarama Palu yang sekarang berstatus IAIN Palu.

Seiring berjalannya waktu, nama LPPM Medik berganti menjadi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Qalamun sekaligus tergabung di dalam Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) yang notabenenya mempertemukan seluruh LPM se-Indonesia. Tak hanya nama, wajah terbitan cetak lembaga ini terus berinovasi dan melahirkan karya bulletin mini, bulletin, bahkan Koran selain dari tabloid bulanan.

Mulai tahun 2014, LPM Qalamun tidak hanya hadir dalam versi cetak saja. Namun, mulai berafiliasi dengan perkembangan zaman yakni hadir dalam versi online. Tak sedikit nama alamat web yang pernah digunakan seperti www.qalamun.web.id, www.qalamunnews.com, dan saat ini beralamatkan www.lpmqalamun.id.

Di masa kepengurusan periode 2018 ini, UKM yang dipimpin oleh Direktur, Moh. Rifki dan Pimpinan Redaksi, Riswandi terus berusaha memberitakan kampus hijau secara update melalui versi cetak dan online. Dengan visi “Menjadikan LPM Qalamun sebagai lembaga pers yang dikenal di seluruh Indonesia dan unggul dalam kajian kejurnalistikan kampus yang kritis, militan, dan professional. []